Ice Breaking Game

Akhir minggu ini  saya mengikuti acara outbound yang diadakan oleh kantor bekerja sama dengan penyedia jasa outbound. Saya cukup terkesan dengan aktivitas-aktivitas yang kami lakukan (akan saya bahas dalam tulisan selanjutnya), yang membuat saya sangat bersemangat. Waktu tidur yang sangat minim (biasanya saya tidur 7-8 jam) tidak membuat semangat saya menurun.

Di tulisan ini, saya ingin menyajikan beberapa permainan ice breaking yang kami mainkan kemarin ditambah dengan yang pernah saya dapatkan sebelum-sebelumnya:

1. Halo Apa Kabar

Saat peserta diminta untuk membentuk lingkaran, biasanya mereka cenderung berdiri berdekatan dengan teman akrabnya. Permainan ini bertujuan untuk mengacak para peserta sehingga lebih berbaur.

Ada sebuah lagu yang dinyanyikan peserta dalam permainan ini sekaligus peragaannya. Setelah lagu tersebut dinyanyikan instruktur menyebutkan sebuah angka (terserah berapa saja). Para peserta harus dengan segera membentuk kelompok kecil dengan jumlah anggota sebanyak angka yang disebutkan oleh administrator. Permainan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu tersebut kembali, kemudian instruktur menyebutkan lagi angka tertentu, dan begitu seterusnya sampai semua peserta berpindah dari tempatnya yang semula.

Lirik lagu yang dinyanyikan adalah seperti berikut:

Halo apa kabar,
Halo apa kabar 
Kita bergembira
Tepuk tangan, tepuk tangan
Kedipkan matamu ting ting

Serong ke kiri, serong ke kanan
Berkeliling, berkeliling 
mencari yang lain


2. Satu-satu aku sayang ibu

Ini permainan yang dimainkan dalam kelas dengan posisi duduk. Peserta berhitung dari satu sampai tiga. Setiap instruktur mengatakan 'satu', maka peserta bernomor segera berdiri (kemudian langsung duduk kembali). Begitu juga saat instruktur menyebutkan angka 'dua' atau pun 'tiga'.

Instruktur menceritakan sesuatu, bisa cerita apa saja, yang di dalamnya diselipkan kata-kata 'satu', dua' dan 'tiga'. Cerita kemudian diakhiri dengan lagu satu-satu aku sayang ibu (instruktur harus dapat membuat alur cerita menjadi menarik).


3. Angin bertiup

Peserta diminta untuk membuat gerakan sesuai dengan instruksi:
a. angin ke kanan: kedua tangan diangkat dan digerakkan ke kanan sambil berkata "wuuussss"
b. angin ke kiri: kedua tangan diangkat dan digerakkan ke kiri sambil berkata "wuuuusss"
c. angin badai: berpindah dari tempat semula


4. Tepuk tangan heboh

Peserta diminta untuk bertepuk tangan terlebih dahulu, kemudian instruktur meminta peserta untuk memberi nilai dari 1 sampai 10 untuk tepukan tersebut. Kemudian, berdasarkan tepuk tangan yang pertama itu, peserta diminta untuk bertepuk tangan (bisa juga ditambah dengan hentakan kaki dan suara dari mulut), dari 1 sampai 10 (satu paling pelan, 10 paling kencang), dengan urutan acak (terserah instruktur).
   

5. Hujan rintik-rintik

Peserta diminta untuk membentuk lingkaran kemudian semua menghadap ke kanan (menghadap ke punggung temannya). Peserta lalu diminta melakukan gerakan di punggung teman di hadapannya sesuai dengan instruksi:
hujan rintik-rintik: kedua telunjuk di tekan-tekan ke punggung teman
hujan batu: kedua tangan digemgam kemudian dipukul-pukulkan (secukupnya) ke punggung teman
hujan badai: memijat punggung teman
dan gerakan-gerakan lain yang dapat dimodifikasi oleh instruktur


selamat mencoba :)
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tangkap Jari

Rahasia Kesuksesan Yusuf